Rabu, 03 Februari 2010

JURUS JITU MENJADI MAHASISWA SUKSES

Terkadang kita sering terjebak dengan konsep mahasiswa sukses. Walau terkadang kita mengerti sebenarnya mahasiswa yang sukses itu seperti apa. Dan tentu saja sudut pandang setiap orang berbeda memaknai kata sukses, karena bisa saja orang yang mengatakan itu sukses padahal menurut orang lainnya itu sama sekali tidak sukses. Walaupun demikian menjadi mahasiswa sukses merupakan suatu hal yang sangat diimpikan oleh setiap mahasiswa.

Untuk menjadi mahasiswa yang sukses kita butuh visi, misi dan juga aksi. Karena sudah ada rumus baku bahwa VISI+MISI+AKSI=KEBERHASILAN. Kalau kita sudah memiliki tiga ini insya Allah sukses yang di impikan akan menjadi kenyataan. Tapi yang perlu teme-temen ingat bahwa keberhasilan selalu bergandengan dengan kegagalan, jadi kalau kita tidak hati-hati kita bisa salah pilih, saya punya trik bagaimana caranya menjadi seorang mahasiswa yang sukses seperti apa yang temen-temen semua impikan.

Pertama, kita harus memiliki paradigma yang positif tentang kuliah dan belajar, dan kita juga harus paham mengapa kita kuliah, apa manfaatnya yang bisa kita dapatkan, jangan kita kuliah Cuma pengen nampang doang, ikut-ikutan, atau kita kuliah karena paksaan dari orang tua, atau bahkan ada juga yang niat kuliah untuk meghabiskan masa mudanya doang. Sekarang coba intropeksi diri apakah niat kita kuliah itu karena kita memang anggap itu penting buad hidup kita kedepan-kedepannya.

Kedua, buat perencanaan yang benar-benar matang, dan saat membuat perencanaan itu anda harus benar-benar fokus karena kalau anda gagal itu berarti anda telah merencanakan kegagalan. Dan tentunya selain membuat perencanaan anda juga harus membuat targetan yang jelas. Tapi sebelumnya anda harus tau dulu apa minat dan bakat anda, misalnya anda ingin jadi dokter jangan masuk jurusan akuntansi. Kalau anda sudah yakin bahwa tidak salah jurusan, baru evaluasi terus targetan anda, kalautargetan ada yang tidak terpenuhi maka anda harus berjuang lebih gigih lagi, sampai argeta anda terpenuhi.

Ketiga, ketika belajar dikelas perhatikan dosen yang sedang mengajar, terus buad catatan tentang materi yang dosen jelaskan, selain itu harus coba belajar mandiri karena dunia kampus berbeda dengan dunia SMU atau sebangsanya, karena di bangku kuliahan anda hanya akan mendapatkan sedikit ilmu dan sisanya anda harus mencarinya sendiri.

Keempat, buad kelompok belajar, yah paling enggaknya buad tugas barenglah, dengan berdiskusi dan berbagi ilmu dengan teman-teman itu akan menambah wawasan anda.
Kelima, manfaatkan fasilitas yang ada, gunakan sebagai sarana buad menambah ilmu, juga skill anda. Kebanyakan dari kita mengabaikan fasilitas yang ada, padahal dengan fasilitas yang ada anda akan semakin kaya dengan pengetahuan, fasilitas itu berupa warnet, lab, perpustakaan, dll.

Keenam, banyak bertanya, pokoknya jangan malu-malu bertanya, saat anda bertanya biarkan aja kalo seandainya pertanyaan anda itu emang malu-maluin pokoknya cuekin aja yang anda harus pikirkan bagaimana caranya supaya anda benar-benar mengerti.

Ketujuh, gabung dengan organisasi kemahasiswaan, karena dengan berkecimpungnya anda di organisasi itu bisa di jadikan sebagai ajang untuk uju kemampuan anda, dan juga sebagai sarana menyalurkan hobi, minat dan bakat anda.

Last, selalu optimis, positif thinking dan jangan lupa berdoa, terus langkah-langkah ini jangan Cuma dibaca aja karena gak akan terasa manfaatnya tanpa di implementasikan d dunia nyata. Ingat Visi dan Misi itu tidak cukup untuk mencapai keberhasilan, tapi harus ada aksi.


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Automotive | Bloggerized by Free Blogger Templates | Hot Deal